My Ordinary Life!

Sunday, May 31, 2009

My fav Books

Gw mengisi waktu liburan dengan banyak kegiatan. Seperti Wisata Kuliner, jalan ama temen2, belajar buat persiapan beasiswa ke luar negeri & matrikulasi, n nonton film. Selain itu, gw juga suka baca buku buat ngatasin bosen pas liburan.

Awalnya sih, membaca bukanlah bagian dari hobi gw. Gw lebih cenderung ke hal yang bersifat Audio-Visual. Karena lebih mudah mencerna maksud dari Author dengan film ketimbang buku. Tapi lama kelamaan gw pikir, seseorang akan jadi lebih pintar dan terbuka wawasannya dengan membaca buku. Alasannya, karena pembaca dituntut untuk memiliki daya khayal yang tinggi untuk memahami hal yang disampaikan dari si pengarang.

Biasanya sih gw minjem buku dari perpus, temen & sodara. Selain gw males belinya, juga karena dirumah gw udah penuh ama buku. Di kardus, rak, n di setiap kamar pasti ada tumpukan buku. Lagipula, sayang kalo beli. Paling buku yang gw beli cuma sekali ato 2 kali gw baca. Selebihnya ditumpuk aja bersama buku2 yang laen.

Bdw, gw juga selektif dalam milih buku. Gw ga mau baca buku yang sifatnya hiburan doank. Gw suka baca buku yang sifatnya inspiratif tapi tetep menghibur. Buku yang jadi urutan pertama dari sekian buku yang gw baca adalah buku "The Last Lecture". Bagus dan inspiratif banget! Buku ini menceritakan kisah nyata seorang Professor di Carnegie Mellon University (Randy Pausch) yang menderita kanker pankreas (memiliki 10 tumor di lever) dan divonis akan mati 3 atau 6 bulan lagi. Ia benar2 gigih dalam menyampaikan "pesan terakhir" ke orang-orang yang dicintainya. Pesan terakhir yang diberikan berupa video2 (Ada juga di Youtube) dan buku ini. Salah satu pesan Randy yang inspiratif yaitu "Tembok penghalang berdiri disana karena suatu alasan, bukan untuk menghalangi kita. Tembok itu ada untuk memberi kita kesempatan untuk menunjukkan sekuat apa kita menginginkan sesuatu."

Ada 1 hal ganjil yang gw suka, meskipun sebentar lagi ia mati, ia tetap bersyukur karena masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk memberikan pesan terakhir. Ia tetap beryukur tidak ditakdirkan mati dengan cara ditabrak bus atau serangan jantung.
Question: Darimana ia tahu kalau ia tidak akan mati dengan ditabrak bus atau serangan jantung? Kenapa ia begitu yakin?



Cover Buku "The Last Lecture"




Gambar yang paling gw suka dibuku ini.

Buku yang ga kalah inspiratif adalah "Aku terlahir 500gr dan buta". Buku ini menceritakan kisah nyata seorang remaja di Jepang yg bernama Miyuki Inoue yang terlahir 500gr dan buta. Meskipun demikian, Ibunya mendidik Miyuki sama seperti anak-anak normal lainnya. Malah terbilang lebih keras. Seandainya Miyuki dimanja oleh ibunya, ia tidak akan menjadi seperti sekarang. Terlebih ia juga datang dari keluarga yang broken home. Disini terkuak mengapa ibunya Miyuki mendidiknya dengan keras.



Di urutan ke-3 ada "My dad my pious dad". Sebetulnya gw agak dipaksa baca buku ini ama nyokab. Tapi ternyata bagus banget ceritanya! Buku ini sebetulnya berisi wejangan-wejangan yang diberikan oleh Alm ayah si penulis kepadanya. Nasihat-nasihatnya dikumpulkan menjadi satu eksemplar buku yang dikemas menjadi kumpulan cerita yang menarik. Bagian yang gw suka, si penulis terakhir bertemu dengan ayahnya di bandara ketika ia akan menempuh awal kesuksesannya yaitu melanjutkan studi ke Timur Tengah.



Cover buku My dad My pious dad

Di urutan ke-4 ada The Death of Adolf Hitler. Buku ini menceritakan tentang kisah Adolf Hitler dari ia lahir hingga ia mati bunuh diri di bunker. Disini juga terkuak betapa bencinya ia terhadap orang Austria (khususnya orang Yahudi) dan ambisinya untuk menguasai dunia. Mengapa buku ini termasuk ke kategori buku yang inspiratif? Jiwa Nasionalis Hitler terhadap bangsa Jerman sangat terlihat ketika pasukannya sempat melumpuhkan sebagian dari wilayah Rusia dalam waktu singkat, walaupun dengan cara yang tak lazim. Gw pikir, toh peperangan membuat suatu bangsa yang beradab menjadi biadab. Karena kalau "mengalah" tentu saja bisa kalah pada zaman itu. Di buku ini tidak hanya mengulas sisi negatif dari Hitler yang kita kenal selama ini.



Berita kematian Hitler

Di urutan ke-5 ada buku-bukunya Raditya Dika! Bahasa dari buku-bukunya mudah dicerna dan inspiratif.

"The World will keep on moving and i'll keep on standing"

Gw suka banget ama istilah yang dipake RD di buku Cinta Brontosaurus. Emeng bener, seberapa simpatinya orang lain terhadap penderitaan kita, mereka cuma jadi pendengar! Mereka tidak akan pernah berada di posisi kita. Tidak pernah!



Kambing Jantan



Cinta Brontosaurus



Radikus Makankakus



BASOT

Di urutan ke-6 ada Nihon Kara O Miyage. Buku ini istimewa buat gw karena 95% pengalamannya sama kayak gw! Ia pernah juga menjadi Duta Bangsa ke Jepang. Cuma bedanya dy itu guru. Pengalamannya bagus dan amat berkesan. Cuma sayangnya, penyampaian cerita dari si penulis kurang menarik. Suatu saat nanti gw juga akan membuat buku dari pengalaman pribadi gw ato mungkin karangan yang gw buat sendiri.



Nihon..



Took a pic wid Mayor Of Hiro


Di urutan ke-7 ada buku "Amazing Stories for Teen". Buku ini berisi kumpulan pengalaman dari para remaja di USA. So far, cerita yang gw suka yang berjudul "Tio Angelo". Tio Angelo adalah salah satu korban pada saat tragedi WTC 11 September 2001. Walaupun menjadi korban, tetapi ia tidak lupa untuk menolong orang2 di lokasi bencana.



Pada saat tragedi WTC, Tio Angelo sedang berada di luar gedung.

Well, untuk sementara ini sampai 7 besar dulu. Nanti kalo ada buku yang menarik lagi, gw kasih tau.

Selamat membaca =)

No comments:

Post a Comment